Jumpa lagi dengan saya,
Dipostingan saya sebelumnya saya telah memberikan tutorial cara membuat webserver diandroid.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial selanjutnya yaitu install mariadb(mysql).

Untuk kegunaan dari mariadb(mysql) sendiri akan kita bahas nanti dipostingan berikutnya.

Kali ini kita akan fokus untuk menginstal mariadb(mysql) di Android dengan aplikasi termux.

Tanpa banyak basa-basi mari kita mulai pembahasan kita kali ini:
1. Kuota internet 🤣
2. Ruang penyimpanan
3. Cemilan

Sebelum menginstal mariadb kita akan membuat folder dengan nama my.cnf.d di direktori /data/data/com.termux/files/usr/etc, dengan perintah berikut ini:

$ cd /data/data/com.termux/files/usr/etc
$ mkdir my.cnf.d

Setelah itu ketikkan perintah dibawah ini:
$ apt install -y mariadb

Tunggu sampai instalasi selesai lalu ketikkan perintah dibawah ini:
$ mysql_safe -u root &
$ mysqld

Lalu buka sesi baru aplikasi termux, untuk memasukkan perintah dibawah ini:
$ mysql -u root

Jika tampilannya seperti gambar diatas berarti kita telah berhasil install maridb di Android dengan aplikasi termux.

Untuk yang terbiasa dengan tutorial video saya telah menyediakan di bawah.

Tutorial berikutnya yang akan kita bahas adalah install phpMyAdmin di Android dengan termux.

Cukup sekian dan terimakasih, jangan lupa komentar dan like videonya.


Post a Comment

Silahkan komentar untuk saran dan kririk,
Karena saran dan kritik anda sangat berguna bagi saya.