Salam koding,

Setelah cukup lama saya istirahat tidak menulis diblog ini, kali ini saya akan melanjutkan seputar html, sebelumnya saya telah menulis belajar membuat web static, pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar stylesheet sebelum masuk ke materi css.

Teman-teman yang belum tahu apa itu stylesheet, disini saya akan menjelaskan secara singkat tetapi dengan pendapat saya pribadi.

Menurut saya stylesheet adalah sebuah tag yang berguna untuk mempercantik tampilan web yang telah kita buat.

Lalu bagaimana menggunakan stylesheet, dihtml ada 2 opsi untuk menggunakan stylesheet yaitu :

  1. Dengan menggunakan tag <link/>
  2. Dengan menggunakan tag <style>
Apa perbedaan antara tag <link/> dan <style>?

1. Tag <link/>

Dengan menggunakan tag <link/> kita dapat menyimpan file yang berisi stylesheet kita secara terpisah, contohnya :

file dengan nama styles.css :

body {
    background: green;
}

Untuk memanggilnya kita perlu menyisipkan diantara tag <head></head>, contohnya seperti berikut :

<!DOCTYPE html>
<html>
    <head>
        <link href="styles.css" rel="stylesheet" />
    </head>
    <body>
        ....
    </body>
</html>

Silahkan teman-teman mencobanya, jika tampilan web berwarna hijau, berarti pada langkah ini teman-teman telah berhasil.

2. Tag <style>

Jika tadi kita diuntungkan oleh tag <link/> yang berguna memanggil file stylesheet secara eksternal, berbeda dengan tag <style>, walaupun sama-sama kita perlu menyisipkan diantara tag <head></head> tetapi dengan tag <style> kita dapat menulis stylesheet secara langsung tanpa menyimpan secara terpisah, contohnya seperti berikut :

<!DOCTYPE html>
<html>
    <head>
        <style>
            body {
                background: green;
            }
        </style>
    </head>
    <body>
        ....
    </body>
</html>

Secara kegunaan memang sama, tapi menurut pendapat penulis alangkah lebih baik menggunakan tag <link/> untuk menulis stylesheet, agar kedepannya lebih mudah dalam mengubah style yang telah kita tulis.

Kita sudah belajar sedikit tentang stylesheet, dipostingan selanjutnya kita akan memulai bersama-sama belajar css.

Demikian tulisan singkat saya, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang sedang belajar, terima kasih.

Post a Comment

Silahkan komentar untuk saran dan kririk,
Karena saran dan kritik anda sangat berguna bagi saya.